(Analisa Media) #KoinuntukAustralia Buah Tangan Warga Aceh Untuk PM Australia

Perdana Menteri Australia Tony Abbott melontarkan pernyataan kontroversial yang mengkaitkan bantuan Tsunami Aceh dengan eksekusi mati dua terpidana gembong narkoba Bali Nine. Pernyataan ini pun disambut oleh warga Aceh dengan mengumpulkan koin untuk Australia.

Merespon pernyataan Tony Abbott itu, Mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Aceh menggalang aksi kumpul koin untuk diserahkan kepada Australia. Dan tak hanya itu, warga Aceh bahkan berencana mengembalikan dana bantuan tersebut secara langsung ke PM Abbott.

koin

Menurut Koordinator aksi, Martunus, aksi ini berawal dari gerakan di sosial media Twitter dengan menuliskan aksi protes dengan menyertakan tanda pagar (tagar) #koinuntukAustralia.

Berdasarkan pantauan topic pemberitaan nasional Awesometrics terkait Australia. Ternyata isu penggalangan koin untuk Australia yang diinisiasi oleh warga Aceh menjadi topik pemberitaan yang mendominasi.

Capture4

Bahkan berdasarkan pantauan trend perbincangan di media sosial Twitter. Gerakan tagar #koinuntukaustralia menjadi salah satu trending topic. Dalam kurun waktu sehari saja telah mencapai 12.703 tweets.

Capture3

Meskipun demikian, seorang warga Aceh Dina Handayani berharap gerakan penggalangan dana yang berawal dari dunia maya itu dilakukan dengan serius. Handayani pun mengharapkan gerakan ini tidak hanya di media sosial, tetapi juga dalam kehidupan nyata. (@fly_saungelmu)

Lihat:

http://regional.kompas.com/read/2015/02/21/20515601/Warga.Aceh.Kumpulkan.Koin.untuk.Australia

http://news.detik.com/read/2015/02/21/231525/2839154/10/koin-untuk-australia-balasan-atas-komentar-pm-abbott-kini-mendunia

http://news.metrotvnews.com/read/2015/02/22/361370/koin-untuk-australia-bentuk-protes-untuk-pm-abbot

Iklan

Satu pemikiran pada “(Analisa Media) #KoinuntukAustralia Buah Tangan Warga Aceh Untuk PM Australia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s